Senin, 29 Juni 2015

Perjuangan Awal di Universitas Indonesia

Sekitar beberapa minggu yang lalu, gue mengikuti OBM atau Orientasi Belajar Mahasiswa di UI. OBM itu semacam masa transisi dari cara belajar di SMA ke kuliah. Sebelum OBM, beberapa hari yang lalu pula gue melakukan verifikasi rapor dan registrasi ulang di Balairung. Nah, gue mau cerita sedikit nih tentang perjalanan panjang itu.




Verifikasi Rapor (5 Juni 2015)
Kalau ditahun gue, verifikasi rapor ini dibagi menjadi 3 hari, yaitu pada tanggal 5 Juni 2015 (untuk wilayah DKI), 6 Juni 2015 (untuk wilayah BODETABEK) dan 8 Juni 2015 (untuk wilayah luar JABODETABEK). Karena gue tinggal di Jakarta jadi gue kebagian hari pertama. Malam sebelum verifikasi udah banyak banget broadcast kalau harus dateng pagi karena diperkirakan banyaknya orang disana. Terus Mama bilang sama gue, "Adek, santai aja ya kalau sampai sore juga nggak apa - apa kok." Ya sudah, akhirnya gue santai aja tapi tetap datang pagi.

Besok paginya, gue datang jam setengah 7 dan udah banyaaaaak banget para calon mahasiswa dari berbagai SMA di Jakarta. Gue udah pasrah banget kalo gue harus pulang magrib. Ketika gue sama Mama lagi nyari ujung barisan, tiba - tiba banyak siswa yang lari. Gue sempet diem tapi Mama langsung nyuruh gue buat ikut lari. Akhirnya gue ikutan lari padahal gue nggak tau kenapa pada lari.

Dan ternyata, tempat registrasi itu pindah ke pintu utara. Gue bersyukur banget bisa dapat tempat duduk (karena itu termasuk antrean awal). Hampir sejam nunggu akhirnya dipanggil juga. Sudah masuk di Balairung, gue harus nunggu giliran untuk verifikasi. Ketika gue yang dapat giliran, gue ngasih berkas ke kakak - kakak yang memverifikasi rapor gue. Sempet deg - degan karena takut ada yang ketinggalan atau salah. Tapi alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.

Gue keluar pukul 09.30 dan langsung nyari Mama (suka kangen soalnya kalau ninggalin lama - lama, padahal bentar doang wkwk). Ketika gue keluar dari Balairung antreannya masih panjang banget. Gue tak henti - hentinya bersyukur karena semua berjalan cepat. Lalu gue ketemu Mama dan akhirnya kita makan bakso deh di balik rel sama temennya Mama yang kebetulan kerja di UI. Hihihi :p

Hikmah : Tawakal dan keberuntungan, Allah pasti akan ngasih yang terbaik buat hambanya. Aamiin 0:)


Registrasi Ulang (9 Juni 2015)
Nah, pas registrasi nih. Jujur sedikit kesel karena banyak berita simpang siur. Awalnya, rumpun SosHum itu dijadwalkan pagi. Tapi H-1 dirubah jadi siang. Akhirnya gue dateng aja jam 9 (karena denger kabar jam 10 pintu antrean udah dibuka) sekalian deh ngobrol - ngobrol sama temen - temen FIB 2015. Ternyata, pintu antrean dibuka jam 12 dan gue dapet nomor urut 533 :")

Masuk Balairung, awalnya semangat banget. Makan, ngobrol tapi lama - lama bete juga. Gue baru dipanggil turun jam 17.30 dari jam 12 siang. Gila nggak? Gila. Tapi inilah perjuangan. Setelah dipanggil turun pun harus nunggu lagi buat masuk ke Balairung lewat pintu utara. Lalu masuk ke Balairung. Di dalam Balairung ada 5 stand, yaitu Stand 1 (Mengukur Jaket Kuning), Stand 2 (Cap Jempol), Stand 3 (Registrasi), Stand 4 (Pengarahan Jadwal Penting) dan Stand 5 (Pengambilan KIM).

Setelah 5 stand dilalui, kira - kira udah jam 8 malem gue keluar dan bernapas lega. Tapi, ternyata perjuangan belum kelar. Gue langsung diarahin sama kakak senior untuk ke stand OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) karena ada pengarahan OSPEK. Setelah itu, gue ke stand fakultas. Kalau FIB disuruh ngisi data sama pengarahan PSA MABIM gitu. Oh iya, pas gue ke stand fakultas, kakak seniornya nyambut gue dengan yel - yel. Sempet terharu wkwk padahal udah malem banget. :") Setelah stand fakultas, gue ke stand jurusan yaitu Sastra Indonesia. Dan gue dateng sendirian. Sempet takut tapi ternyata kakak seniornya menyambut gue dengan hangat juga. :")

Semua rangkaian acara itu selesai kira - kira jam 21. Tapi gue nyampe rumah jam 23 karena Mama nyuruh gue perbaikan gizi, padahal jujur aja lihat banyak orang di Balairung udah bikin gue kenyang sendiri. :")

Hikmah : Sabar. Mungkin diawal kita bertanya, kenapa sih harus begini begitu? Namanya juga berjuang. Harus sabar dan jangan menyerah!


Orientasi Belajar Mahasiswa - OBM (13, 14, 15, 16 Juni 2015)
OBM pertama diawali dengan kumpul di Balairung. Gue dateng kira - kira jam 6.15 lalu langsung nyari barisan Fakultas Teknik, karena kelas gue di hari pertama dan ketiga itu di FT S204 lalu hari kedua dan keempatnya di FIB 8206.

Pas hari pertama gue nyampe kelas itu udah ada dosennya. Dosennya namanya Bu Maria, dari Sastra Indonesia UI (berarti dosen gue dong nantinya? :p) Hari pertama gue pake baju putih hitam dan pakai name tag jadi keliatan banget mabanya --" Hari pertama gue belajar CL (Collaboration Learning). CL itu metode belajar yang punya focus group dan home group. Inti dari pembelajaran CL ini adalah give and give. Jadi pertama kita dibagi kelompok focus group dan bahas masalah sedalam mungkin. Lalu kalau sudah menguasai focus group nya disebar akan membentuk home group. Ketika home group lo sudah merasa menguasai nanti akan presentasi gitu. Oh iya, sebelum belajar, kita main Bingo dulu buat ice breaking karena awal masuk masih pada diem-diem unyu sambil kenalan juga.

Hari kedua dan keempat gue belajar LS (Learning Skill). Yang ngajarin itu senior dan kemarin gue dapetnya senior dari FIB semua hihi, namanya kak Ola (Sastra Rusia 2012) dan kak Agung (Filsafat 2011). Jujur gue lebih seneng pas LS soalnya banyak mainnya hahaha. Pas LS gue dikasih materi komunikasi sama kayak how to manage time ketika kita udah masuk perkuliahan nanti. Sama diajarin gaul biar ga kuper hahaha. Pas hari kedua udah mulai ketawa-ketawa semua dan nggak diem-dieman lagi gara - gara permainan mengurutkan orang dari mantannya terbanyak sampe tersedikit. Dan grup gue menang karena ada yang punya mantan 26 orang hahaha-_- Gamesnya seru-seru dan gue nggak tau namanya karena kakaknya ngasih tau pake bahasa latin wkwkwk :p Oh iya, dari sinilah nama X-Sari muncul haha karena ternyata kebanyakan anak Kalisari yang menguasai kelas OBM gue.

Hari ketiga gue belajar PBL, lupa panjangannya haha yang jelas bikin pusing banget. Gue sulit mendeskripsikan PBL soalnya gue masih agak nggak ngerti. Jadi nanti dirasain sendiri aja yaah :p

Empat hari OBM tapi berkesan banget. Bisa kenal anak-anak selain FIB kayak anak FISIP, Fasilkom, FT, FMIPA, FKM, FE, dll. Dan mereka friendly semua huaa gonna miss X-Sari so much!

Hikmah : Jangan takut untuk bergaul. Kenalan aja SKSD dan enaknya setelah lo OBM lo akan kenal banyak orang nggak cuma temen di jurusan atau fakultas yang sama tapi bisa kenal sama orang di fakultas lain. Kali aja dapet jodoh loh. Eeeee :")

With Ririn myluvv

X-Sari with Mirs. Maria at FT S204

X-Sari with Kak Ola&Kak Agung at FIB 8206




(Ditulis pada 19 Juni 2015 dan 29 Juni 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar